Skip to main content

Servis Sendiri Kipas angin Miyako tjr-101

Bisa memperbaiki kipas angin sendiri tanpa dibawa ke tukang servis bagi kita yang awam adalah kepuasan tersendiri. Dengan hanya berbekal sedikit keberanian dan ilmu dari browsing di mbah google dengan kata kunci servis kipas angin , kipas angin pun dibongkar. Terkadang browsing nyasar kemana-mana, dapat website atau situs yang hanya nembak kata kunci, isi artikelnya kurang memuaskan atau tidak sesuai dengan tujuan yang dicari. Dan ketika dapat artikel yang sesuai, saat di praktekan belum berhasil. Hal ini wajar karena dalam servis perangkat elektronik GEJALA KERUSAKAN yang sama BELUM tentu solusinya sama. Oleh karena itu ketika kipas angin berhasil di hidupkan kembali PUAS dan Senang bukan main.

Kalau sobat nyasar mampir ke blog ini karena mencari cara servis kipas angin remote miyako tjr-101, jangan back atau di close, sempatkan membaca sampai akhir artikel, karena postingan kali ini calaku membahas tetang berbagai problem atau kerusakan kipas angin Miyako merek ini.

Skema Rangkaian Kipas angin Miyako tjr-101 

skema kipas angin miyako tjr 101
Skema Control



Skema power supply

 

Penjelasan 

Kipas angin Miyako tjr-101 memiliki 2 motor listrik yaitu 1 motor listrik utama untuk memutar kipas dan 1 motor listrik untuk menggerakan kipas angin ke arah kanan dan kiri. Motor listrik untuk menggerakan kipas angin ke kiri dan kanan bentuknya lebih kecil. Kalau kita lihat skema rangkaian control diatas, kipas angim remote Miyako tjr 101 dikontrol oleh IC utama SC8206 dan Triac untuk mengontrol motor listrik. Kalau di kipas angin bukan remote Triac ini fungsinya seperti tombol switch yang berfungsi sebagai saklar. Di kipas angin remote menggunakan dua catu daya yaitu AC (listrik PLN) dan DC. Catu daya ACdipergunakan untuk menggerakan motor listrik dan catu daya DC untuk rangkaian control pada motor kipas angin.

Kipas angin remote akan bekerja dengan baik jika semua rangkaian dan motor listrik dalam kondisi normal.

Beberapa Kerusakan Kipas Angin Miyako Remote

  • Kipas angin jika di hidupkan dengan remote tidak stabil kadang bisa dan kadang tidak bisa
  • Kipas angin susah untuk di hidupkan
  • Kipas angin bisa berputar normal tetapi kadang mati sendiri
  • Kipas angin jika dihidupkan lewat tombol hanya terdengar bunyi "bip" saja, tetapi kipas tidak berputar
  • Kipas angin bisa berputar, tapi saat ditekan tombol swing (belok kanan ke kiri) kipas angin jadi mati
  • Kipas angin berputar tetapi tidak bisa belok ke kanan dan ke kiri
  • Semua tombol dan lampu terlihat aktif tapi kipas tidak berputar baik lewat remote atau tombol
Beberapa tanda-tanda kerusakan seperti diatas terjadi karena system control yang error. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena catu daya untuk rangkaian control tidak stabil atau abnormal.

Jika erronya karena catu daya yang tidak stabil anda bisa mencoba cara yang pernah saya lakukan pada kipas angin Miyako remote tjr 101 punya sendiri. Kerusakannya seperti yang saya sebutkan diatas. setelah kipas angin dibongkar, saya amati tidak ada komponen yang meletus atau terbakar. Dicek dengan tester baik motor listrik, dioda, Triac, resistor dan lain-lain kondisi ok. Singkat cerita akhirnya saya coba ganti kapasitor 1,2 uF / 400 v dan Resistor 200k (biasa diseri 100 k) di bagian power supply DC. 

Bongkar kipas angin
Penampakan saat dibongkar


Kapasitor 1,2 uF / 400 v

Dan alhamdulillah kipas angin bisa normal kembali baik di kontrol dengan remote atau tombol. Jika anda mengalami kerusakan yang sama seperti diatas, mungkin anda bisa coba cara yang saya lakukan.

Comments

  1. Hay gan numpang tanya ni,, kipas ane tipe nya sama,, kalo di nyalakan tombolnya semua nyala namun kipas tidak berputar dan coba saya lebas baling2 nya dan saya nyalakan berputar tanpa baling2,, jadi apa ya gan yg harus di ganti...?

    ReplyDelete
  2. Kipas sya brputar tetapi menggerakan kekanan kekiri lambat,,kira2 apanya?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa beberap hal sih gan, coba cek motor swingnya masik ok tidak berputarnya, coba cek juga takut ada kotoran atau benda asing yang mengganggu.

      Delete

Post a Comment

Silahkan komen jika ada yang ingin ditanyakan, No Spam