Skip to main content

Solusi Air Pembuangan Mesin Cuci Mampet

Jika air pembuangan pada mesin cuci bermasalah efeknya nyuci jadi terhambat, waktu nyuci jadi lebih lama. Air pembuangan saat dibuka keluarnya kecil. Nunggu air kotor terkuras semua membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbeda jika saluran pembuangan air kotor tidak bermasalah, saat posisi drain air langsung keluar banyak, pengurasan pun berjalan cukup cepat. Postingan kali ini calaku, ngoprek pembuangan air mesin cuci yang bermasalah.

Beberapa hal bisa jadi penyebab terhambatnya air pembuangan pada mesin cuci seperti saluran pembuangan tersumbat kotoran, tali putus atau pengait tali berkarat. Berikut ini solusi memperbaiki air pembuangan mesin cuci dua tabung (bukan digital) yang mampet atau air keluar sedikit.

mesin cuci 2 tabung mampet
Mesin Cuci 2 Tabung

Seperti dijelaskan diatas, kemungkinan penyebab mampetnya air pembuangan pada mesin cuci 2 tabung adalah saluran pembuangan yang tersumbat kotoran. Untuk menegcek apakah saluran tersumbat atau tidak kita harus membuka "gigi-gigi" atau baling-baling pada tabung cuci. Karena letak lubang pembuangan air kotor pada tabung cuci berada dibawah baling-baling atau gigi-gigi.

bongkar mesin cuci
Baling-baling mesin cuci
Untuk mengangkat atau melepas baling-baling pencuci, terlebih dahulu sekrup baling-baling kita lepas. Cara melepasnya dengan mencongkel penutup sekrup kemudian baru kendorkan sekrupnya. Jika baru pertama dibuka biasanya rada sulit, baling-baling susah diangkat. Saat melepas baling-baling, hati-hati jangan sampai pecah atau rusak.

Lubang pembuangan
Dibagian bawah baling-baling biasanya kotoran menumpuk. Harusnya bagian ini rutin dibersihkan agar kotoran tidak menghalangi lubang saluran pembuangan. Jika lubang mampet oleh kotoran maka air yang keluar dari lubang pembuangan mesin cuci akan terganggu akibatnya keluar sedikit.

Setelah bagian ini dibersihkan dilanjutkan dengan mengecek bagian valve atau klep pembuangan yang terletak dibagian belakkang mesin cuci.

Klep Pembuangan

Cara kerja klep pembuangan pada mesin cuci 2 tabung sebagai berikut :
Jika arah Selector pada panel mesin cuci ke posisi Drain, maka tali klep akan naik ke atas atau menarik klep ke atas sehingga saluran pembuangan terbuka dan air kotor pun mengalir keluar lewat saluran pembuangan. Sebaliknya jika posisi Selector pada panel mesin cuci menujuk ke arah normal atau soft, tali akan kendur sehingga posisi klep akan menutup saluran pembuangan air kotor. Air kotor tidak keluar dari mesin cuci.

Di dalam klep juga bisa terdapat kotoran yang bisa mengganggu kerja klep. Membuka penutup klep yang biasanya rada susah kalau belum pernah dibuka. Sebelum klep kita buka, coba tarik klep berkali-kali keatas. Sebelunya isi dulu air ditabung cuci. Amati keluarnya air dari saluran pembuangan saat menarik klep. Jika air sudah keluar banyak tidak perlu membongkar klep, jadi membersihkannya cukup dengan menarik klep berkali-kali. Tapi jika air masih mampet, terpaksa klep harus dibongkar untuk memebrsihkan kotorannya.

Kasus air pembuangan yang keluar sedikit pada mesin cuci 2 tabung milik admin adalah gara-gara pengait klep ke tali berkarat, pengait jadi "melar". Sehingga saat posisi drain tali tidak bisa menarik klep secara maksimal sehingga air yang keluar sedikit. Perbaikan dengan mengganti pengait yang berkarat. Kelar dech...

Selamat ngoprek...




Comments