Skip to main content

Cara Pasang Pemutar Pulsator (Gearbox) Mesin Cuci

Di postingan sebelumnya calaku sudah membuar artikel bagaimana cara membongkar gearbox mesin cuci 2 tabung. Baca artikelnya disini

Setelah gearbox bisa dilepas dari mesin cuci. kerusakan as gearbox patah susah diperbaiki dengan cara di "akalin". Perbaiakan dilakukan dengan cara mengganti gearbox yang baru. Btw, harganya mahal ngak ya..? tenang bro, harga gearbox mesin cuci seperti gambat dibawah ini relatif terjangkau, Di toko spare part mesin cuci didaerah sekitar calaku, hanya Rp 50 ribu saja.

Gearbox mesin cuci

Cara Pasang Gearbox Mesin Cuci 2 Tabung

Sebelum lanjut membaca artikel berikutnya, buat sobat yang masih bingung cara membongkar gearbox atau as pemutar kipas mesin cuci bisa baca-baca artikel di postingan sebelumnya, cara memperbaiki kerusakan mesin cuci 2 tabung bagian gearbox.

Untuk mendapatkan spare part pengganti yang cocok, sobat harus bawa contoh dari gearbox yang rusak saat membeli ke toko. Soalnya tiap mesin cuci berbeda ukuran dan model gearboxnya.

Langkah memasang geearbox merupakan kebalikan dari langkah membongkar gearbox, cukup mudah asal teliti dan berjiwa ngoprek. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang gearbox yang baru
  • Pastikan diameter pully yang menempel di gearbox baru ukurannya sama dengan pully pada gearbox yang rusak.
  • Jika tidak sama pindahkan atau ganti pully yang baru dengan pully lama, tinggal buka mur pengikat pully.
  • Diamater pully pada gearbox baru dan yang rusak harus sama, kalau tidak fan belt tidak bisa masuk. Jika diamater pully lama lebih besar fan belt tidak masuk, jika lebih kecil fan belt akan kendur.
  • Jika pully tidak masalah, masukan gearbox ke lubang dudukannya, harus center, kemudian sekrup dengan benar agar gearbox kokoh dan tidak miring
  • Setelah gearbox terpasang, pindah kebagian spinner, hubungkan motor spinner dan kencangkan sekrupnya.
  • Selanjutnya rapatkan kembali bagian bawah mesin cuci dan pasang semua sekrupnya seprti semula
  • Setelah baguan bawah mesin cuci terpasang berdirikan mesin cuci, pasang fan belt motor untuk mencuci.
  • Pasang pulsator (kipas pencuci), kencangkan sekrupnya
  • Testing mesin cuci, isi air, jalankan timer wash, cek apakah pulsator bergerak normal atau tidak. Cek juga apaka air bocor dari gearbox. Jika semuda sudah ok, baru tutup cover belakang mesin cuci.
  • Selesai
Sekarang tinggal nunggu bayaran,...kalau servis punya orang. Kalau punya sendiri mah hanya kepuasaan saja,..

Selamat ngoprek!

Comments