Skip to main content

NGOPREK REMOTE TV SONY LED YANG RUSAK

Remote TV sebenarnya salah satu perangkat elektronik yang terbilang cukup awet. Dengan catatan penggunaan sesuai dengan prosedur. Misalnya saat mengganti batterai remote pemasangan tidak terbalik dan tidak sering jatuh.

Kerusakan remote TV bisa karena faktor internal dan external. Faktor internal karena adanya kerusakan pada part atau komponen remote itu sendiri misal led infrared putus atau soak (setengah rusak) Tapi yang sering itu kerusakan remote karena faktor external. Remote pecah karena sering jatuh, dilempar anak saat bermain atau rebutan Chanel TV (ini biasanya penyebab utama).

Remote TV jaman now kalau kita bongkar bagian dalamnya sebenarnya minim sekali komponen. Hanya terdapat komponen smd capasitor, resistor, IC utama dan Led infra red. Jadi kalau mau iseng ngoprek memperbaiki remote TV yang rusak karena disebabkan oleh hal-hal seperti diatas tadi mungkin sobat bisa meniru calaku yang pernah coba pada remote tv Sony Led KLV-32R302C. Dibawah ini kondisi remote yang rusak, remote sama sekali tidak berfungsi, kalau ditekan keypad pada remote tidak ada yang perubahan pada TV, remote tidak bisa mengontrol TV.

REMOTE TV RUSAK


Bersyukur meskipun kondisi remote sudah berantakan seperti gambar diatas, pcb atau jalur-jalur dalam pcb tidak ada yang putus.

Mengingat komponen utama dari remote ini sebuah IC, langkah pertama fokus pada solderan-solderan di kaki-kai IC. Secara kasat mata beberapa solderan kaki IC nampak seperti berjamur/karat. Solderan tidak mengkilap. Beberapa kaki IC nampak renggang tidak menempel pada jalur-jalur di PCB. Mungkin karena sering jatuh atau udara lembab solderan-solderan pada kaki IC jadi seperti itu.

Curiga dengan kondisi solderan pada kaki-kaki IC tadi, akhirnya dilakukan solder ulang setelah sebelumya kaki-kaki IC dan jalur pcb dibersihkan dengan hati-hati agar timah bisa menempel dengan baik. Pembersihan bisa dengan cara dikerik secara hati-hati.

PCB REMOTE TV
Setelah di solder ulang
Kini saatnya untuk mencoba, apakah Remote TV Sony ini bisa berfungsi kembali atau tidak. Bagi sobat yang belum tahu cara mengetes remote berfungsi atau tidak bisa tes dengan menggunakan camera HP atau Smartphone. Caranya aktifkan fungsi camera di smartphone, kemudian hadapkan led infrared ke fokus camera sambil ditekan salah satu keypad remote. Kalau di camera terlihat led infrared menyala saat keypad remote ditekan berarti remote berfungsi.

Alhamdulillah, setelah dilakukan solder ulang pada bagian IC, saat di tes menggunakan camera HP, infrared menyala. Kemudian di tes ke TV langsung,  remote pun berfungsi dengan baik. Iseng-iseng lihat harga remote tv sony di ecomerce online tanah air, harga remote tv sony ORI sekitar 200 ribu dan yang biasa 70 ribuan.

Dengan ngoprek modal nekat, hidup syukur rusak juga ngak apa-apa (punya sendiri ini) bisa hemat tidak perlu beli remote yang baru.
Semoga bermanfaat...

Comments