Skip to main content

SCHEMA SEDERHANA PRE AMP MIC CONDENSOR MENGGUNAKAN TRANSISTOR

Terkadang untuk kebutuhan tertentu diperlukan microphone yang mempunyai karakter sensitif. Misalkan mic untuk khotib, mic untuk mimbar/podium atau mic untuk kebutuhan rapat. Dengan mic yang sensitif pembicara tidak perlu terlalu mendekatkan microphone ke mulut, suara sudah terdengar jelas di output amplifier yaitu di speaker.

Untuk mendapatkan mic yang sensitif murah meriah bisa menggunakan mic condenser. Perbedaan mic condenser dengan mic biasa atau mic dynamic salah satunya adalah dalam hal sensitif saat menerima input. Mic condenser lebih sensitif dibandingkan dengan microphone dynamic dalam menerima respon suara.

Microphone condenser biasanya menggunakan catu daya sendiri. Untuk mic condenser pabrikan kadang ada yang menggunakan catu daya yang bersumber dari mixer yaitu memanfaatkan catu daya atau power Phantom, jadi tidak perlu menggunakan batterai lagi.

Pre amp mic condenser sederhana hanya terdiri dari beberapa komponen saja, cukup mudah untuk dibuat.

Rangkaian Pre Amp Mic Condenser Sederhana Dengan Transistor


http://www.baharelectronic.com

Daftar komponen :

R4 = 560
R3 = 5,6K
C2 = 47 uf/50v
R1 = 10K
C1 = 1 uf/50v
R2 = 220K
C3 = 4,7 uf/50v
VR = 50K
TR = C828
Mic = Mic Condenser

Tegangan schema rangkaian circuit diatas bisa menggunakan catu daya DC mulai dari 5V sampai 25V. Untuk kode Transistor jika sulit mencari type C828 bisa menggunakan persamaannya type lain yang jenis NPN.

Untuk Variable resistor (VR) jika tidak dibutuhkan untuk pengaturan volume lagi bisa dilepas. Misalkan pengaturan volume hanya di amplifier atau mixer saja


Rangkaian diatas pre amp mic diatas bisa juga dipergunakan untuk mic dynamic biasa. Cukup lepas Resistor R1. Jadi mic dyanamic kakinya dihubungkan ke C1 dan ke ground (-).

Demikian juga sebaliknya, jika ingin merubah port mic dynamic bawaan amplifier agar bisa dipergunakan oleh mic condenser, cukup tambahkan resistor seperti rangkaian diatas (R1). Untuk sumber tegangan bisa mengambil dari kaki elco yang postif (+) yang dipergunakan untuk block catu daya pre amp mic. Dengan modifikasi ini tidak dibutuhkan lagi rangkaian dan batterai, hanya mic condenser saja.

KIT jadi pre amp mic cukup mudah untuk didapatkan di toko-toko elektronik, ada yang sudah lengkap dengan komponen atau hanya pcb saja. Yang mau ngoprek silahkan utak-atik nilai Elco dan Resistornya untuk mendengarkan perbedaan output suara dan kesensitifannya.

Oprek juga apakah rangkaian diatas bisa dipergunakan menggunakan catu daya 1,5 V (1 batterai). Logikanya sih harusnya bisa, mungkin perlu di oprek nilai resistor R4 atau R3

Selamat ngoprek !





Comments