Skip to main content

PERGUNAKAN CARA INI JIKA MASAK NASI DI RICE COOKER SELALU BASAH ATAU GOSONG

Dijaman now ini sudah jarang mungkin emak-emak yang menanak nasi secara tradisional. Apalagi kalau perkotaan mungkin sudah tidak ada sama sekali. Menanak atau masak nasi sekarang cukup mudah tinggal colok saja yaitu dengan alat yang disebut rice cooker. Beragam merek rice cooker bisa dijumpai di pasaran.

Rice cooker merubah energi listrik menjadi energi panas yang dimanfaatkan untuk menanak nasi,  memasak nasi menjadi lebih mudah dan praktis. Tapi, yang namanya juga alat suatu saat pasti bermasalah atau rusak. Saat baru memasak atau menanak nasi oke-oke aja. Selang beberapa waktu bisa tahunan atau bulanan rice cooker sobat bermasalah.

Dipostingan kali ini calaku akan berbagi cara untuk solusi problem menanak nasi menggunakan rice cooker seperti dibawah:
  • Nasi belum matang atau masih basah tapi tuas rice cooker sudah berpindah ke posisi worm atau penghangat
  • Nasi sudah gosong tapi tuas masi posisi menanak nasi (cooker), normalnya ketika nasi matang tuas akan berpindah ke posisi warm (penghangat)
Problem diatas terjadi padahal menanak nasi sudah sesuai takaran dan tidak ada masalah dalam listrik dirumah (misal tegangan listrik turun).

Didalam alat rice cooker terdapat dua bagian utama yaitu bagian menanak nasi dan bagian penghangat nasi. Tiap bagian mempunyai Heater (pemanas) dan sensor tersendiri atau terpisah. Fungsi sensor pada heater untuk mengontrol kerja heater on atau off jika sudah mencapai kondisi tertentu.

Untuk problem diatas terjadi pada bagian menanak atau memask nasi. Bagian ini ada yang bermasalah apakah itu Heater atau sensornya.


 Bagian bawah sensor penanak nasi

Proses Menanak Nasi Pada Rice Cooker

Saat menanak nasi, pilihan tuas pada posisi menanak nasi (Cooking), maka sensor magnetik (Thermostat) akan menempel mengunci tuas sampai nasi matang. Nasi matang jika sudah mencapai suhu tertentu dan sensor magnetik pun akan terlepas tidak mengunci tuas. Sehingga tuas pun akan berpindah ke posisi penghangat (warm) secara otomatis. Proses menanak nasi berhenti dan beralih ke proses menghangatkan nasi.

Jika beras masih bisa berubah menjadi nasi logikanya heater masih bekerja dengan baik. Kemungkinan yang bermasalah adalah bagian sensor yang mengontrol heater. Sensor magnetik tidak bekerja secara optimal dalam mengontrol heater, sehingga nasi yang dihasilkan kurang baik.
Sensor Magnetik Rice Cooker (Thermostat)

Solusinya, ganti sensor magnetik dengan yang baru. Sebelum mengganti pastikan dulu bahwa problem memang terjadi pada sensor. Tuas tidak terhalang dan bebas bergerak dan tidak ada kotoran yang mengganggu pergerakan sensor atau tuas.

Sensor magnetik cukup mudah diperoleh di toko-toko elektronik baik offline maupun yang online dan harganya pun relatif murah.

Selamat mencoba,..selamat ngoprek
Btw, gejala kerusakan sama tapi belum tentu solusi juga sama.

Comments