Skip to main content

CARA 1 MEMBUAT TV BIASA MENJADI SMART TV

Di postingan sebelumnya calaku sudah jelasakan apa yang dimaksud dengan Smart TV. Kalau belum baca lihat postingan sebelumnya, disini.

Jadi, ada beberapa cara untuk membuat tv biasa menjadi sebuah smart tv. Cara 1 membuat Smart TV versi calaku yaitu dengan menggabungkan TV biasa dengan sebuah komputer, bisa menggunakan PC Desktop, Laptop atau Mini PC. Mungkin cara 1 ini cocok bagi sobat yang punya TV biasa dan sudah punya komputer seprti tadi. Kalau baru punya TV biasa saja, cara 1 ini kurang cocok karena biaya yang dikeluarkan agak mahal karena harus membeli PC Desktop, Laptop atau Mini PC, namun hasilnya cukup memuaskan.

Dari ketiga jenis komputer tadi Mini PC lebih ideal. Kalau PC Desktop terlalu boros listrik, sedangkan laptop dari sisi bentuk lebih besar dibandingkan Mini PC. Salah satu contoh Mini PC keluaran Intel hanya berukuran 115 x 111 x 48.7 (Width x Depth x Height) dalam ukuran Milimeter.


Mini PC, Laptop, PC Desktop

Untuk membuat Smart TV dengan cara ini sobat harus menginstal Operating Sytem (OS) Android di komputer tadi. Karena kalau masih menggunakan aplikasi windows aplikasi-aplikasi TV yang akan diinstall terbatas dan biasanya mebutuhkan license.

Menjalankan aplikasi berbasis Android di komputer bisa dengan berbagai cara. Jika OS windows tidak diperlukan lagi dikomputer, format saja, install ulang ganti dengan OS Android. Jika masih butuh OS windows di komputer tadi bisa melakukan pilihan berikut ini
  • Jalankan aplikasi Android menggunakan emulator Android yang di instal di OS Windows, kekeurangan cara ini membutuhkan spek komputer yang tinggi karena aplikasi emulator cukup berat
  • Instal Android berbarengan dengan Windows atau dikenal dengan istilah dual boot, jadi kalau ingin menjalankan Android tinggal pilih option booting komputer ke Android dan sebaliknya
  • Pilihan ketiga yaitu install Android di flashdisk, jadi ketika sobat membuthkan android tinggal colok flashdisk ke komputer lalu pilih option booting ke flashdisk

Setelah Android jalan dikomputer instal aplikasi-aplikasi untuk nonton TV, aplikasi IPTV atau sesuai selera layaknya sobat menggunakan smartphone. Agar tampilan menu Android bagus di TV, instal aplikasi Adroid TV Launcher.

Untuk pengguna TV biasa atau belum TV Led yang belum ada input video untuk HDMI atau VGA hanya AV saja membutuhkan perangkat converter dari HDMI to RCA agar output dari komputer bisa tampil di TV.

Untuk kontrol dari jarak jauh bisa menggunakan mouse wireless atau mini keyboadr wireless.

Kini TV biasa sobat sudah menjadi SMART TV bahkan lebih Smart dari Smart TV yang beredar dipasaran. Bisa install aplikasi sepuasnya layaknya di Smartphone.







Comments